DPRD AGAMPARIWARA

Harapkan Peningkatan Kinerja, Komisi IV DPRD Agam Kunker Ke PA dan Dua Puskesmas

83
×

Harapkan Peningkatan Kinerja, Komisi IV DPRD Agam Kunker Ke PA dan Dua Puskesmas

Sebarkan artikel ini

Agam, Tikalak.com – Komisi IV DPRD Kabupaten Agam melaksanakan kunjungan kerja lapangan ke beberapa mitra unit kerja di daerah itu. Diantaranya, Kantor Pengadilan Agama Maninjau, Puskesmas Padang Lua Kecamatan Banuhampu dan Puskesmas Palupuh Kecamatan Palupuh.

Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV Guswardi itu dilaksanakan selama 4 sampai 6 September 2023.

Dikesempatan tersebut Ketua Komisi IV Guswardi, mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap kinerja dan pelayanan unit mitra kerja dari Komisi IV DPRD Agam, salah satunya Pengadilan Agama dan Puskesmas.

Dengan kunjungan lapangan ini, Komisi IV DPRD berharap dapat memberikan rekomendasi dan saran yang konstruktif kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pelayanan dan akses kesehatan yang lebih optimal lagi.

Dihari pertama kunjungan di Pengadilan Agama Maninjau, anggota Komisi IV menanyakan sekaligus mendiskusikan terhadap masalah status dan proses administrasi kependudukan akta kelahiran anak hasil nikah siri.

Kemudian, dihari ke-dua dan ke-tiga, Komisi IV melanjutkan kunjungan kerjanya ke Puskesmas Padang Lua dan Puskesmas Palupuh.

Khusus bidang kesehatan, DPRD Komisi IV berdiskusi langsung tentang berbagai isu terkait pelayanan kesehatan. Beberapa aspek yang dibahas meliputi ketersediaan obat dan peralatan medis, peningkatan kualitas pelayanan, kebutuhan tenaga medis, serta promosi kesehatan di tingkat masyarakat serta tantangan yang dihadapi.

Pada kesempatan itu, Komisi IV menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap Puskesmas, sebagai wadah penanganan terhadap seluruh aspek kesehatan.

“Kami sebagai badan legislatif melakukan kunjungan ini berdasarkan aspirasi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas sudah optimal atau belum,” ujarnya.

Terkait urgensi pembangunan Puskesmas Padang Lua, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan rehab baru puskesmas tersebut agar lebih representatif, sehingga pelayanan masyarakat bisa dilakukan lebih optimal lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr Hendri Rusdian, menyambut baik kunjungan Komisi IV DPRD Agam dan menyampaikan terimakasih atas perhatian yang diberikan.

ia meminta agar Komisi IV DPRD menyambangi seluruh Puskesmas yang ada di Agam agar bisa melihat langsung kondisi dan keadaan pelayanan puskesmas, salah satunya keadaan Puskesmas Padang Lua yang cukup prihatin karena keadaan bangunan puskesmas tidak ekuivalen (sebanding) dengan banyaknya jumlah kunjungan masyarakat.

“Kita senang dan mengapresiasi kunjungan ini. Ini memberikan kesempatan bagi kita untuk memperlihatkan upaya dan perbaikan yang telah dilakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. Kami juga berharap dapat memperoleh masukan yang berharga dari Komisi IV untuk terus meningkatkan kinerja,” kata Kepala Dinas.

(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *