PARIWARA

Peringatan Harlah Pancasila, Wako Fadly Amran: Pancasila Anugerah Tuhan Yang Maha Esa

70
×

Peringatan Harlah Pancasila, Wako Fadly Amran: Pancasila Anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Sebarkan artikel ini
Padang Panjang, Tikalak.com — Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila, Pemko Padang Panjang menggelar upacara dengan Inspektur Upacaranya Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Kamis (1/6), di Halaman Balai Kota.

Upacara diikuti ASN, TNI, Polri, dan pelajar. Turut hadir, Wakil Walikota, Drs. Asrul, Forkopimda, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Sri Hidayani Sonny Budaya, serta jajaran pejabat Pemko.

Tampak para tamu dan undangan lainnya sudah berada di tempat siap mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Balai kota Padang Panjang, Kamis (01/06).

Sementara itu Wako Fadly saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan, Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Selanjutnyan ucap Fadly, “Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Adapun Harlah Pancasila setiap tanggal 1 Juni, sebutnya, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, tetapi turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian lebih lanjut disampaikan, menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, dirinya menghimbau seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mensukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

Selanjutnya disebutkannya, “Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia,” sebutnya.

Seiring dengan tema peringatan tahun ini, masyarakat dihimbau untuk saling bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Fadly juga mengajak, “Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajaknya.(R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *