Uncategorized

DALAM RANGKA PERINGATAN HARKOPNAS JULI 2023 DEKOPINDA KOTA PADANG GELAR RAPAT KOORDINASI PENGURUS TAHUN 2022

35
×

DALAM RANGKA PERINGATAN HARKOPNAS JULI 2023 DEKOPINDA KOTA PADANG GELAR RAPAT KOORDINASI PENGURUS TAHUN 2022

Sebarkan artikel ini

Padang, Tikalak.com – Drs. Ferri Erviyan Rinaldy, MM selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Dekopinda Kota Padang yang selalu bekerjasama dengan dinas yang dipimpinnya terutama untuk menghidupkan kembali koperasi yang tidak aktif di Kota Padang.

Disebutkannya lagi, “Kami sangat mengapresiasi kinerja Dekopinda Kota Padang ini. Hanya baru beberapa bulan yang lalu dilantik, sekarang sudah melakukan rakor pengurus guna pembahasan program kerja”, ujarnya.

Selanjutnya perlu di ketahui bahwa belakangan ini koperasi banyak yang mati suri, dari 700 lebih Koperasi yang ada, hanya tinggal 410 yang masih aktif dan itupun harus butuh pembinaan dari pemerintah dan Dekopinda.

Untuk itu, kami mengharapkan dengan bersama Dekopinda nantinya akan dapat menghidupkan kembali koperasi-koperasi yang sudah mati suri tersebut agar bisa aktif kembali.

Atau setidak-tidaknya bagi koperasi yang masih memungkinkan untuk bisa diaktifkan kembali, kami berharap dengan bersama Dekopinda nantinya dapat bersama-sama memajukan koperasi di Kota Padang, ujarnya Ferri di Padang Fishing Club, Kota Padang pada hari Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu, seperti yang disampaikan Ketua Dekopinwil Sumatera Barat Ir. Hendra Irwan Rahim tentang pelaksanaan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) bulan Juli tahun 2023 nanti yang mana pelaksananya adalah Dekopinwil Sumatera Barat dan Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Selanjutnya menurut mantan Ketua DPRD Sumatera Barat ini, ditunjuknya Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan even Nasional ini. Karena dia yakin Dekopinda Kota Padang mampu melaksanakannya.

Apalagi menurutnya bahwa dia melihat Dekopinda Kota Padang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota dan hubungan kerjasamanya dengan Dinas Koperasi terlihat sangat bersinergi sekali. Oleh karena itu dia yakin sekali helat akbar ini bisa dilaksanakan dengan sukses oleh Pemerintah Kota Padang bersama Dekopindanya.

Seperti diketahui bahwa pelaksanaan Harkopnas Juli 2023 nanti akan dilaksanakan di Sumatera Barat. Saya telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumahnya. Saya yakin sekali, even Nasional ini akan berlangsung sukses terlaksana di Kota Padang.

Adapun alasan saya menyatakan adalah karena Pemerintah Kota Padang sangat mendukung keberadaan Dekopinda. Apalagi saya lihat begitu bersinerginya Dekopinda dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang. Selagi tetap bersama-sama dan sejalan, semua pekerjaan bisa dilaksanakan dengan sukses, ujar Hendra.

Kemudian dikatakannya, saya sebagai Ketua Dekopinda Kota Padang mengatakan, kalau Rakor ini dilaksanakan dalam rangka persiapan raker seluruh pengurus Dekopinda yang akan dilaksanakan di bulan Oktober ini. Disamping itu juga untuk sebagai langkah persiapan pelaksanaan Harkopnas tahun 2023 yang mana Kota Padang adalah sebagai tuan rumahnya.

“Sengaja kita mengadakan rakor ini untuk persiapan raker Dekopinda yang rencananya dilaksanakan di bulan Oktober ini. Disamping itu juga membicarakan tentang kesiapan Dekopinda Kota Padang sebagai tuan rumah Harkopnas tahun depan, kita butuh koordinasi dan masukan untuk pelaksanaan even nasional tersebut,” ucapnya.

Seterusnya saya sampaikan, bahwa saat diamanahkan menjadi pengurus Dekopinda, tentu harus ada kontribusi pemikiran untuk kemajuan Koperasi di Kota Padang. Dan itu harus berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM agar segala permasalahan koperasi yang ada di Kota Padang dapat bersama-sama dicarikan solusinya.

Kemudian sewaktu menerima amanah menjadi pengurus Dekopinda, tentu harus ada kontribusi pemikiran yang diberikan untuk memajukan koperasi. Dan itu bisa dilakukan dengan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota dalam hal ini dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang.

Maka, Insya Allah dengan bersama-sama dan bersinergi segala permasalahan yang ada dalam koperasi di Kota Padang akan dapat dicarikan solusinya bersama-sama, ujarnya.

Dikatakannya lagi, “Saya merasa miris sekali dengan banyaknya koperasi yang mati suri atau telah mati. Ini sangat disayangkan, karena banyaknya koperasi yang sudah tidak aktif lagi di daerah tanah kelahiran Bapak Koperasi ini”, ucapnya.

Maka dari itu, kita harus cari tahu penyebab dari tidurnya koperasi tersebut dan kita harus lakukan evaluasi menyeluruh baik dari pengelolanya, permodalannya atau sistem manajemen kerja dari koperasi itu sendiri. Dari sini nantinya akan dapat terlihat penyebabnya.

Kemudian dari apa yang disampaikan Kepala Dinas tadi, kita merasakan cukup miris dengan begitu banyak koperasi yang tidak aktif. Padahal Sumatera Barat adalah tanah kelahiran Bapak Koperasi Muhammad Hatta.

Maka untuk mengantisipasinya kita harus cari tahu penyebabnya dengan melakukan evaluasi menyeluruh baik dari pengelolanya, permodalannya atau sistem manajemen kerja dari koperasi itu sendiri.

Sedangkan mengenai pelaksanaan Harkopnas yang akan dilaksanakan pada Juli 2023, saya mengatakan sepenuhnya kesiapan Dekopinda Kota Padang sebagai tuan rumah. Dekopinda nanti akan berkoordinasi dengan Bapak Walikota Padang dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang untuk bersama-sama mensukseskan Harkopnas ini.

Ditegaskannya lagi, bahwa untuk pelaksanaan Harkopnas pada Juli tahun depan, Dekopinda Kota Padang siap melaksanakannya. Dekopinda nanti akan berkoordinasi dengan Bapak Walikota Padang dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang untuk bersama-sama mensukseskan Harkopnas ini.

Kemudian dinyatakannya bahwa ini adalah bentuk penghargaan kepada Dekopinda Kota Padang dan Pemerintah Kota Padang atas kepercayaan Dekopinwil Sumatera Barat untuk menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah pada even berskala Nasional ini.

Selanjutnya pada Rakor tersebut juga telah ditunjuk Ketua Panitia Pelaksana Harkopnas dari Dekopinda Kota Padang Bapak Amril Amin atau Acik Amin. Disamping itu Wakil Ketua DPRD Kota Padang ini juga sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Panitia Raker Dekopinda Kota Padang.

Adapun saat diadakan rapat koordinasi akan dihadiri lengkap oleh pengurus inti dan Ketua-ketua Bidang serta koordinator wilayah 11 kecamatan dihadiri oleh Ketua Dekopinwil Sumatera Barat Ir. H. Hendra Irwan Rahim dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Drs. Ferri Erviyan Rinaldy, MM dan Ketua Dewan Pakar Dekopinda Kota Padang, Yunisman, SE.MM. (HA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *