INVESTIGASI

Terkait Material TOL Hantam Lahan, HKI Abaikan Laporan Warga

24
×

Terkait Material TOL Hantam Lahan, HKI Abaikan Laporan Warga

Sebarkan artikel ini

Padang Pariaman – Kabar dimulainya proyek pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin kembali membuat beberapa orang masyarakat bersuara. Pasalnya, Proyek Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin masih menyisakan polemik ditengah masyarakat Kenagarian Kasang, Bagaimana tidak, sejak pembangunan jalan tol, warga disekitaran Korong Tong Blau, Kenagarian Kasang yang paling dominan terdampak proyek tersebut. Diketahui, mulai dari kawasan permukiman masyarakat, bahkan areal pertanian pun terdampak oleh material proyek.

Seperti yang dikatakan Walikorong Tong Blau Depi, permasalahan ini sudah disampaikan ke Pihak HKi agar segera ditindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. Namun ketika laporan disampaikan ke HKi, masih dijanjikan sehingga ini berpotensi menjadi konflik ditengah masyarakat

“Beberapa hari yang lalu, dari laporan warga, katanya material pembangunan proyek Tol kembali menimbun lahan pertanian warga dan lahan permukiman, itu dikarenakan longsoran material proyek tersebut menimbun saluran air dari arah barat. Dampak nya longsoran tanah timbunan menerjang areal permukiman warga dan juga lahan pertanian.

Dan ini terjadi berulang kali, sementara tanggapan dari HKi selaku kontraktor merespon laporan warga abai saja”, kata Walikorong menyesalkan saat dihubungi Media ini Senin (22/08) pagi.

Mestinya apapun bentuk pengaduan masyarakat terhadap dampak pembangunan proyek tol, pihak HKi harus segera menindak lanjuti agar kejadian ini tidak terus menerus, Jangan nanti terjadi gejolak sosial ditengah masyarakat yang akhirnya berimbas pada pekerjaan proyek”, ingatnya.

“Apalagi, banyaknya isu berkembang sejak dimulainya proyek hingga kini ada saja masalah yang mencuat. Jadi ini yang diherankan, bagaimana sih pihak kontraktor bersosialisasi dengan warga, hingga masalah selalu saja timbul seperti saat ini, tak ada penyelesaian”, tukuknya lagi.

Harusnya pihak PT. HKi, lebih memperhatikan kondisi lapangan dan merespon cepat pengaduan warga agar riak-riak ini tidak terjadi, Inikan tidak, laporan warga sendiri terkesan hanya dijanji-janjikan saja tanpa ditindak lanjuti.

Sekarang kalau dari pengakuan orang HKi sewaktu saya melaporkan pengaduan warga terhadap dampak material longsoran jalan tol di tong Blau, katanya akan dibantu penyelesaiannya, ya kita tunggulah. Tapi kalau ini tidak segera direspon tentu akan berimbas nantinya keributan ditengah masyarakat” kata walikorong mengakhiri.

Terpisah hingga berita ini ditayangkan Project Direktur PT. HKi Marthen Robert dan Tomi Herlambang selaku Kapro HKI tak memberi tanggapan sama sekali. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *