Uncategorized

Sabet 4 Gelar Juara Adwi 2023 Dan Pecahkan 2 Rekor Muri, Desa Wisata Sumbar Makin Berkilau

44
×

Sabet 4 Gelar Juara Adwi 2023 Dan Pecahkan 2 Rekor Muri, Desa Wisata Sumbar Makin Berkilau

Sebarkan artikel ini
Muri
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dan Kadispar Sumbar, Luhur Budianda berfoto bersama Bupati Agam, Andri Warman yang menerima penghargaan juara 1 nominasi 10 terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum,yang  diraih Desa Wisata Lawang Kabupaten Agam

JAKARTA, TIKALAK.COM—Sumatra Barat berhasil mengukirkan prestasi membanggakan pada ajang Apresiasi Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diumumkan di Gedung Sasono, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (27/3) kemarin.

 

Sumbar dinyatakan  meraih empat gelar juara. Yakninya, juara 1 nominasi 10 terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum, juara 1 terbaik kategori daya tarik pengunjung, 8 terbaik desa wisata berkembang, serta 8 terbaik desa wisata maju.

 

Gelar juara 1 nominasi 10 terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum, berhasil diraih oleh Desa Wisata Lawang Kabupaten Agam.  Sementara Desa Wisata Muntei Kabupaten Mentawai dan Desa Wisata Nyarai Kabupaten Padang Pariaman, masing-masing  dinyatakan meraih juara pertama dan juara harapan pada kategori desa berkembang.

 

Piagam penghargaan dan rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno yang didampingi Ketua Umum MURI, Jaya Suprana  kepada Gubernur Sumbar. Mahyeldi Ansharullah yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda serta para kepala daerah pemenang lainnya.

 

“Sumbar juga meraih juara 1 nominasi 8 terbaik desa wisata berkembang. Gelar juara ini diraih Desa Wisata Kampung Adat Sijunjung. Sedangkan pada  nominasi 8 terbaik desa wisata kategori maju, gelar juara diraih desa wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, Senin (27/8),

 

Luhur Budianda menyampaikan, prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan Sumatra Barat pada  malam penghargaan apresiasi desa wisata seluruh Indonesia ini, akan menjadi pemicu semangat bagi Pemprov Sumbar untuk terus menggelorakan pembinaan dan pembangunan desa wisata 327 desa wisata yang ada di Ranah Minang.

 

“Rekor MURI ini adalah bukti  komitmen Sumbar dalam upaya membangun desa wisata. Tahun ini bahkan Sumbar masuk tiga besar provinsi yang memiliki desa wisata terbanyak di Indonesia, dan yang paling banyak se-Sumatera,” ucap Luhur Budianda.

Penganugerahan gelar juara bagi sejumlah desa wisata Sumbar yang meraih prestasi pada malam puncak  ADWI 2023

Kadispar Sumbar membeberkan, pada tahun ini Sumbar berhasil meloloskan 40 desa wisata ke dalam nominasi 500 besar ADWI pada tahun ini.  Kabupaten yang paling banyak meloloskan desa wisata adalah Kabupaten Sijunjung dengan 7 desa serta Kabupaten Agam dan Solok yang meloloskan masing-masing 6 desa wisata.

 

“Kabupaten lainnya rata-rata meloloskan 2 hingga 3 desa wisata ke Top 500 ADWI. Anugerah dan torehan rekor ini akan menjadi pemicu semangat bagi Dinas Pariwisata Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota se Sumatra Barat untuk senantiasa memperjuangkan sektor pariwisata dan memajukan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

 

Senada dengan itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengaresiasi capaian membanggakan yang berhasil ditorehkan desa-desa wisata kebanggan Sumbar pada ajang ADWI pada tahun ini.

 

Alhamdulillah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Semakin banyak desa wisata kita yang mendapat penghargaan, artinya semakin meningkat juga semangat kelompok sadar wisata (pokdarwis) kita dalam membangun dan mengembangkan pariwisata di desanya masing-masing,” ucapnya.

Gubernur berharap torehan prestasi ini hendaknya bermanfaat dan bisa memberikan dampak positif bagi sektor Pariwisata Sumatera Barat di masa yang akan datang.

“Kita berikan apresiasi yang tinggi untuk yang juara, semoga semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat Sumbar. Terimakasih atas semua pihak yang sudah membantu dan selalu mendorong desa wisata di Sumbar,” pungkas Gubernur Sumbar. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *