Uncategorized

Ribuan Warga Meriahkan Pawai Alegoris

38
×

Ribuan Warga Meriahkan Pawai Alegoris

Sebarkan artikel ini
Alegoris
Peserta pawai alegoris melintasi panggung kehormatan di Jalan Sudirman Bukittinggi, Sabtu (19/8).

BUKITTINGGI, TIKALAK.COM – Ribuan warga dan pengunjung Kota Bukittinggi tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang diselenggarakan Pemko Bukittinggi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, Sabtu (19/8).

 

Pawai alegoris dimulai dari depan Lapangan Wirabraja Jalan Sudirman hingga kawasan Jam Gadang. Peserta pawai yang diawali dengan barisan Paskibraka Bukittinggi, dilepas oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, serta unsur Forkopimda dari panggung kehormatan depan SMPN 1 Bukittinggi.

 

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, sekitar seribu peserta yang terdiri dari 154 kelompok peserta pawai turut berpartisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

 

Peserta pawai melibatkan jajaran SKPD, pemerintah kecamatan dan kelurahan se Bukittinggi, instansi swasta dan vertikal, BUMN, BUMD, paguyuban, dan organisasi lainnya.

 

“Alhamdulillah, ratusan ribu orang tumpah ruah ke pusat kota untuk menyaksikan kemeriahan pawai HUT Kemerdekaan RI. Hal ini tentunya memberi dampak positif terhadap perekonomian warga. Jual beli warga dipastikan meningkat,” kata Erman Safar.

 

Ia juga mengapresiasi semangat dan kreativitas dari para peserta pawai yang turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Menurutnya Bukittinggi merupakan kota sejarah yang punya peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

“Kita harus memaknai dan menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Kegiatan pawai yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari partisipasi kita dalam mengisi HUT Kemerdekaan RI ke-78,” ujar Erman Safar.

 

Ketua umum panitia pelaksana peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Kota Bukittinggi Martias Wanto mengatakan, Pemko Bukittinggi telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

 

Kegiatan itu diawali dengan Taptu depan Lapangan Wirabraja, apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gulai Bancah, upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih di Lapangan Wirabraja.

 

Kemudian malam resepsi hari kemerdekaan RI di balairung rumah dinas Wali Kota, dan pawai alegoris di Jalan Sudirman yang dimulai dari depan Lapangan Wirabraja hingga Jam Gadang.

 

“Semua rangkaian kegiatan yang kita laksanakan ini berjalan dengan lancar, termasuk pawai alegoris yang menyita perhatian warga dan pengunjung Kota Bukittinggi,” ujar Martias Wanto. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *