Uncategorized

Polda Sumbar Menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

47
×

Polda Sumbar Menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Sebarkan artikel ini
menggelar
Padang, Tikalak.com – Polda Sumatera Barat menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 M, Senin (20/2) di Mesjid Ar Rahman Mapolda Sumbar.

Dalam menggelar momentum ini, bertemakan “Semangat Isra Mi’raj menguatkan keimanan, ketaqwaan dan soliditas guna mewujudkan Polri Presisi”.

Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim, SH yang mewakili Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik, awalnya menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu dari Panti Asuhan.

Dalam sambutannya, Irwasda Polda Sumbar menyampaikan amanat Kapolda Sumbar, yakni ada tiga hal penting yang harus kita teladani dari kepribadian Rasulullah.

Pertama, kita mengenang kepribadian rasulullah yang berakhlakkul karimah yang bermoral dan bermartabat.

Kedua katanya, selalu diingatkan kepada kita untuk memperkuat kesadaran dan komitmen kita, mencontoh dan meneladani apa yang dilakukan oleh Rasulullah.

“Untuk itu, kita selalu berusaha untuk menyempurnakan kepribadian yang lebih baik dari hari ke hari, dari waktu ke waktu, dan kita terus berupaya meneladani apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” ucap Kombes Pol Arif Rahman Hakim membacakan amanat Kapolda Sumbar.

Selanjutnya yang ketiga, peristiwa luar biasa yang terjadi pada diri Rasulullah, yaitu perjalanan pada malam hari. Hanya dengan waktu sepertiga malam, Rasulullah melaksanakan perjalanan isra dan mikraj dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso, serta diangkat dan dinaikkan ke sidratul muntaha.

“Tujuan utamanya adalah untuk menjemput perintah allah untuk melaksanakan ibadah shalat,” ujarnya.

Oleh karenanya, melalui tema peringatan isra mi’raj Nabi besar Muhammad SAW tahun ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi kita untuk menjalankan tugas polri.

“Secara profesional, jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam rangka mewujudkan pelayanan prima polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” ungkapnya.

Selaras dengan perubahan yang dilakukan oleh Rasulullah tersebut, maka polri melakukan perubahan, baik dari segi mind set maupun culture set. Saat ini polri berupaya membenahi diri dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu polri sebagai alat negara penegak hukum yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Senantiasa dituntut mampu menanggulangi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara profesional sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai tugas pokok tersebut perlu didukung oleh kondisi mental yang jujur, disiplin dan bertanggung jawab,” ujar Irwasda Polda Sumbar.

Selanjutnya, polri bertekad menjadi instansi pemerintah yang dipercaya, disenangi dan dicintai oleh masyarakat, dengan mengedepankan polri yang presisi.

“Saya menghimbau kepada seluruh anggota dan PNS polri Polda Sumbar, untuk terus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, mentauladani akhlak nabi Muhammad SAW, dalam melaksanakan tugas sehari–hari, serta membangun kehidupan berkeluarga sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW,” pungkasnya.

Usai sambutan yang dibacakan Irwasda Polda Sumbar, kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah agama dari ustadz Safwan Diran.

Turut hadir juga Pejabat Utama Polda Sumbar, para Pamen, Pama, dan personel Polda Sumbar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *