Uncategorized

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

36
×

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Sebarkan artikel ini
lailatul qadar
Tikalak.com – Salah satu malam yang paling dinanti-nantikan umat muslim disaat bulan Ramadhan yaitu malam Lailatulqadar. Berbagai macam ibadah dan amal kebaikan ditebar umat muslim untuk dapat meraih malam teristimewa tersebut.

Namun, apa yang spesial dari malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan ini sampai-sampai orang memperbanyak ibadah? Inilah tujuh keistimewaan malam lailatul qadar.

  1. Lailatul qadar Adalah Waktu Diturunkannya Al-Qur’an
    Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas mengatakan malam Lailatul qadar merupakan waktu diturunkannya Al-Qur’an. Adapun waktu diturunkannya Al-Qur’an adalah tepat pada 17 Ramadan.
    “Allah menurunkan Al-Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuz ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al-Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403)
  2. Malam Kesejahteraan hingga Terbitnya Fajar
    Seperti dalam tafsir Ibnu Katsir menyebutkan, Lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan keselamatan. Dimana pada malam ini, setan-setan yang biasa mengganggu manusia tidak dapat melakukan apa-apa.
    Setan-setan akan dikurung dan tidak dibiarkan mengganggu manusia pada malam Lailatul qadar. Pada malam itu juga banyak manusia yang diselamatkan dari siksa neraka karena melakukan ketaatan pada Allah SWT.

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S AL-Qadr: 5)

  1. Pencatatan Takdir dalam Setahun
    Di malam Lailatul qadar, takdir, ajal, dan rezeki dalam setahun akan dituliskan. Takdir tahunan ini tentunya didahului oleh penulisan Allah. Sebagaimana dalam keterangan dari Imam Nawawi RA dalam Syarh Muslim (8:57), disampaikan bahwa catatan takdir tahunan akan diperlihatkan pada malaikat dan malaikat akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh Allah SWT.

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. AD-Dukhan: 4).

  1. Malam Mulia yang Lebih Baik dari 1.000 Bulan
    Malam ini merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Maksudnya, sholat dan amalan pada Lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan dibanding ketika dikerjakan di luar Lailatul qadar. Segala jenis amalan dan ibadah akan diganjar pahala berlimpah di malam ini.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 3).

  1. Turunnya Malaikat Jibril Beserta Rahmat Allah SWT
    Semua para malaikat akan turun ke dunia disaat Lailatulqadar. Termasuk salah satu malaikat yang akan turun adalah Malaikat Jibril yang ditugaskan Allah untuk menyampaikan wahyu. Seiring dengan bersamaan dengan turunnya malaikat, hal ini juga sebagai pertanda turunnya banyak berkah dan rahmat.
  2. Merupakan Malam yang Penuh Berkah
    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhon: 3).

Malam penuh berkah yang dimaksud adalah Lailatulqadar. Dimana ayat ini menunjukkan bahwa malam Lailatulqadar memiliki keistimewaan.

  1. Waktu Diampuninya Dosa Setiap Orang yang Menghidupkan Lailatulqadar
    Bagi umat Muslim yang melakukan ibadah dan amalan baik akan diberikan pengampunan atas dosa-dosanya yang telah lalu. Orang-orang menghidupkan Lailatulqadar juga akan diberikan ganjaran berupa pahala yang besar.

“Barang siapa melaksanakan salat pada malam Lailatulqadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).

Keistimewaan-keistimewaan ini agar menjadi penyemangat bagi umat Muslim dalam mengejar malam Lailatulqadar. Malam yang penuh berkah ini hanya datang setahun sekali, jadi marilah kita terus beribadah demi mendapatkan manfaatnya.(H.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *