Uncategorized

4 Orang Meninggal, 1 Truk Tertimbun Akibat Tanah Longsor di Agam

41
×

4 Orang Meninggal, 1 Truk Tertimbun Akibat Tanah Longsor di Agam

Sebarkan artikel ini

Agam, Tikalak.com,- Akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini sehingga mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Jorong Koto Gadang, Nagari Salareh Aia Utara Kecamatan Palembayan Kab Agam, Sumbar, Selasa (08/11/2022), Pukul 18.30 Wib. Akibat bencana tersebut 4 orang dan 1 unit Dump truk PS 120 plat Nomor BA 9986 JE tertimbun tanah longsor tersebut.

Adapun identitas keempat warga yang tertimbun tanah longsor yaitu Fauzan (22) warga Pasar Tampuruang. Agung (25) warga Pasar, Tampuruang, Isuf (40) warga Kapunduang dan Dodi (28) warga Koto Gadang Kab Agam

Keempat warga yang tertimbun tanah longsor di Jorong Koto Gadang, Nagari Salareh Aia Utara, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, semuanya telah ditemukan.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Bambang Warsito di Lubuk Basung, “Jasad korban langsung kami bawa ke Klinik Permata Mulia Padang Sawah, Nagari Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman,” katanya.

Selanjutnya Bambang menjelaskan bahwa upaya pencarian korban dilakukan oleh tim gabungan yang meliputi personel BPBD, Kepolisian Resort, Komando Distrik Militer, Palang Merah Indonesia, pemerintah kecamatan, dan warga dengan dukungan alat berat.

Tidak sampai memakan waktu satu hari, petugas SAR pada Rabu (9/11) sekitar 10.50 WIB menemukan jasad Dodi Saputra (28), korban terakhir dalam musibah tersebut.

Kemudian Bambang mengatakan, pada Selasa (8/11/2022) sore, curah hujan yang cukup deras menyebabkan tanah longsor di Muaro Tantang serta mengakibatkan empat warga dan satu truk tertimbun longsoran tanah.

Sedangkan tiga orang korban lainnya yang tertimbun longsoran tanah telah ditemukan pada Selasa (8/11/2022). Namun sayangnya dua dari tiga korban yang ditemukan meninggal dunia, sementara satu orang lainnya selamat.

Disebutkan Bambang, “Jasad korban telah dibawa ke rumah duka di Tampuruang, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat,” katanya.

Adapun korban yang selamat, Fauzan (22), dirujuk ke Rumah Sakit Yarsi Pasaman Barat setelah menjalani perawatan di Klinik Permata Mulia Padang Sawah, Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

Bambang juga menyatakan, “Informasi yang kita dapat, korban meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Pasaman Barat, Selasa (8/11) malam,” ujarnya.

Jadi dengan demikian, keempat orang yang tertimbun tanah longsor di Jorong Koto Gadang Salareh Aia semuanya meninggal dunia.

Terakhir Bambang mengingatkan warga agar lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan penambangan guna menghindari kecelakaan, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *