Uncategorized

30 Anggota Satlinmas Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Dari Satpol PP Damkar Padang Panjang

43
×

30 Anggota Satlinmas Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Dari Satpol PP Damkar Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Padang Panjang, Tikalak.com – Guna meningkatkan kapasitas anggotanya, sebanyak 30 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kota Padang Panjang menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota, di Hotel Pangeran Padang Panjang, Kamis (25/5)

Kegiatan ini digelar Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kota Padang Panjang bekerjasama dengan Satpol PP Damkar Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang juga sekaligus memberikan materi terkait Peran Satlinmas dalam Mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah.

Dalam kesempatan itu Sonny menyampaikan, sebagai organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Kota di kelurahan, Satlinmas bisa menjadi organisasi yang menjadi lini terdepan dalam masyarakat. Siap membantu masyarakat, membantu pemerintah khususnya di kelurahan dalam berbagai hal. Seperti bencana alam, trantibum dan lainnya, termasuk dalam pengamanan saat pemilu dan pilkada.

Sonny menyebutkan, “Jumlah Satlinmas di Kota Padang Panjang ini ada 390 orang. Namun 30 orang ini merupakan orang terpilih yang mendapatkan tambahan ilmu dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas,” ujarnya.

Kemudian Sonny juga mengatakan, Pemko bersama dengan Satlinmas merupakan suatu kesatuan yang saling terikat. Ke depan, ada kegiatan-kegiatan dan momen tertentu Satlinmas ini selalu dilibatkan, tidak hanya saat pemilu atau pilkada.

Sementara dalam materi yang disampaikannya, Sonny menjelaskan untuk membangun sebuah daerah, butuh kerjasama dan kolaborasi. Untuk melindungi masyarakat, tidak hanya pemerintah daerah namun butuh peran serta dari masyarakat seperti Satlinmas ini. Agar tercapainya iklim dan suasana kota yang kondusif.

Lalu diungkapkannya, “Bekerjasama dengan kelurahan dan berkoordinasi mendukung bagaimana membangun visi dan misi dari kepala daerah kita. Begitu juga dengan bagaimana pembangunan berjalan dengan baik dan lancar, membantu pengamanan seperti saat bantuan sosial maupun peningkatan ekonomi,” ungkapnya lagi.

Sementara itu Kepada Bidang Linmas dan Damkar Satpol PP Damkar Provinsi Sumbar, Hendri Oktavian Hatta, S.H menyebutkan, tujuan dilaksanakannya bimtek ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam melakukan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat.

Hendri juga menjelaskan, “Kita tumpangkan harapan kepada Bapak dan Ibu yang hadir pada hari ini sebagai garda terdepan bagaimana menciptakan perlindungan dan ketertiban kepada masyarakat. Baik itu kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan masyarakat, penanggulanan bencana dan pemilu serta pilkada ke depannya. Peran Bapak dan Ibu sangat penting dan diharapkan masyarakat,” jelasnya.

Sementara anggota Satlinmas juga akan menerima materi dari Satpol PP Provinsi Sumbar tentang Optimalisasi Peran Satlinmas dalam Penyelenggaraan Tibum Tranmas dan Perlindungan Masyarakat.

Kemudian dari Satpol PP Kota Padang Panjang tentang Penguatan Tugas dan Fungsi Satlinmas Kelurahan, dan Pengetahuan Dasar Penanggulangan Bencana dari BPBD Kesbangpol Kota yang disampaikan I Putu Venda, S.STP, M.Si. Serta Peran Satlinmas dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada oleh Ketua KPU Padang Panjang, Okta Novisyah, S.Sos.I.(R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *