Agam

Satu-Satunya di Sumbar, Rumah Baca Anak Nagari Terakreditasi PISA 2023

84
×

Satu-Satunya di Sumbar, Rumah Baca Anak Nagari Terakreditasi PISA 2023

Sebarkan artikel ini

Tilatang Kamang, – Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) memeroleh sertifikat akreditasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Raihan ini menjadikan RBAN sebagai satu-satunya Taman Baca Masyarakat (TBM) di Sumatera Barat yang terakreditasi PISA tingkat Pratama di 2023, sekaligus sejajar dengan akreditasi Perpustakaan Daerah.

Informasi ini disampaikan Pendiri RBAN, Sry Eka Handayani, MPd saat dikonfirmasi Jumat (2/2). Dikatakan, RBAN memperoleh akreditasi tersebut pada akhir Desember 2023 lalu.

“Rumah Baca Anak Nagari menjadi pusat informasi sahabat anak atau PISA di bawah binaan Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam,” katanya.

Tahun lalu lanjutnya, wadah PISA di seluruh Indonesia disertifikasi sebanyak 800 lembaga yang terseleksi menjadi terakreditasi 80 lembaga.

“Di Sumatera Barat ada 7 yang terakreditasi. untuk TBM, Rumah Baca Anak Nagari adalah satu-satunya, 6 lainnya adalah perpustakaan daerah,” sebutnya.

Lebih lanjut diterangkan, sertifikasi PISA bertujuan untuk memberikan acuan bagi pemerintah kabupaten/kota agar mempunyai persepsi yang sama dalam upaya pemenuhan hak anak atas informasi yang layak bagi mereka.

“Dengan terbentuknya PISA ini diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya pemenuhan hak anak atas informasi yang layak bagi anak,” terangnya.
Penulis : Depit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *