Uncategorized

Pemko Apresiasi Rombongan Mahasiswa Negeri Jiran Belajar Tradisi Makan Bajamba

34
×

Pemko Apresiasi Rombongan Mahasiswa Negeri Jiran Belajar Tradisi Makan Bajamba

Sebarkan artikel ini
mahasiswa
Padang Panjang, Tikalak.com – Pemko Padang Panjang mengapresiasi rombongan mahasiswa Politeknik Port Dickson Negeri Jiran (Malaysia) dan Kolej Komuniti Kuala Trengganu dalam melakukan kerja praktek serta kegiatan penelitian ke Masjid Asasi Sigando dengan agenda makan bajamba, Jumat (23/6) di Medan Nan Bapaneh Kelurahan Sigando.Sementara menurut Ketua Rombongan, Prof. Dahmir Dahlan mengatakan, sambutan yang diberikan masyarakat Padang Panjang sangat luar biasa, khususnya oleh masyarakat Sigando.

Kemudian Dahmir mengatakan, “Kujungan ini merupakan kerja sama internasional yang sudah 15 tahun kami jalankan. Untuk rombongan Negeri Jiran ini merupakan kunjungan ketiga ke Sumatera Barat. Pada kunjungan ini, kami mengunjungi Kota Padang Panjang yang sambutannya sangat luar biasa dan melebihi ekspektasi kami,” sebutnya.

Selanjutnya Dahmir menyampaikan, pada kunjungan kerja praktek dan penelitian ini kebanyakan diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil dan Arsitektur. Dimana mahasiswa tersebut belajar tentang konstruksi pembangunan Rumah Gadang yang dianut orang Minangkabau.

Bahkan tak hanya terpukau dengan struktur Rumah Gadang yang mampu bertahan di daerah rawan gempabumi, rombongan ini juga takjub dan salut dengan sambutan masyarakat setempat.

Dhamir juga mengungkapkan, “Selain melakukan kerja praktek, kami juga bias saling bertukar tradisi kebudayaan seperti yang dilakukan saat ini, salah satunya dalam hal masakan. Dimana kami belajar tradisi Makan Bajamba. Mahasiswa kami juga berkesempatan menyajikan Nasi Bukhari dari Negeri Jiran,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang hadir dalam kegiatan Makan Bajamba tersebut juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan tersebut ke Kota Padang Panjang khususnya ke Masjid Asasi Sigando.

Fadly menjelaskan, “Kami dari Pemerintah Kota dan juga masyarakat menyambut baik kedatangan rombongan Politeknik Port Dickson dan Kolej Komuniti ke Padang Panjang. Ini juga sejalan dengan Padang Panjang sebagai kota tujuan pendidikan. Banyak hal yang dapat dipelajari di sini khususnya mengenai kebudayaan Minangkabau. Kami memiliki Masjid Asasi yang menjadi masjid tertua dan ikon Padang Panjang. Serta Pusat Dokumentasi Informasi dan Komunikasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM),” jelasnya.

Disamping Fadly juga berharap, dengan kunjungan ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan berharga bagi mahasiswa Negeri Jiran dan juga berdampak positif bagi masyarakat Padang Panjang. (R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *