Uncategorized

Menyongsong Kualitas SDM Yang Lebih Baik, Pengurus Karang Taruna Sawahlunto Ikuti Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan

34
×

Menyongsong Kualitas SDM Yang Lebih Baik, Pengurus Karang Taruna Sawahlunto Ikuti Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan

Sebarkan artikel ini

Sawahlunto, Tikalak.com – Karang Taruna Kota Sawahlunto meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) jajaran pengurus di tingkat desa dan kelurahan dengan melaksanakan pelatihan teknis manajemen dan kepemimpinan.

Pelatihan Teknis Manajemen dan Kepemimpinan Organisasi Karang Taruna Desa/Kelurahan Kota Sawahlunto Tahun 2022.

Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Mahaputra, menyampaikan bahwa pelatihan itu dilaksanakan dengan metode mendengarkan materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan sesi diskusi, Senin (17/10/2022)

Selanjutnya Andri menyatakan, “Narasumber kita dalam pelatihan ini adalah Walikota (materi tentang Birokrasi dan Pembangunan Kota), pimpinan DPRD (materi tentang Perda), Politeknik ATI Padang (materi tentang Perencanaan Bisnis/Industri), penggiat literasi Minangkabau (materi tentang Adat dan Budaya), Divisi CSR PLTU Ombilin (materi tentang Mendapatkan CSR) dan Balai Kesejahteraan Sosial (materi tentang Program-program Kesejahteraan Sosial Dari Kemensos),” ujarnya merinci.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari itu, masing-masing pengurus Karang Taruna desa atau kelurahan mengutus satu orang perwakilan sehingga total ada sejumlah 37 orang peserta, ditambah beberapa pengurus Karang Taruna Tingkat Kota Sawahlunto.

Sementara Walikota Sawahlunto Deri Asta yang menjadi salah satu nara sumber menyampaikan apresiasi terhadap pelatihan yang dilaksanakan Karang Taruna itu sebab akan berpengaruh langsung dan besar terhadap kinerja masing-masing anggota.

“Yang dibahas dalam pelatihan ini adalah tentang Manajemen dan Kepemimpinan. Jelas ini adalah menu wajib setiap orang yang menjalankan organisasi, karena itu kami yakin setelah pelatihan ini akan ada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari para anggota Karang Taruna,” kata Walikota Deri Asta.

Dalam kesempatan itu, Walikota Deri juga memuji telah banyak gerakan dan inovasi yang dilakukan Karang Taruna Kota Sawahlunto, terutama di bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

“Karang Taruna sekarang telah jauh berubah wajah. Dari awalnya dulu mungkin banyak berkegiatan pada momen seperti HUT RI saja, sekarang telah mampu menjadi mitra strategis Pemko Sawahlunto dalam mendorong dan membantu masyarakat menumbuhkembangkan ekonomi produktif baik itu di sektor pertanian, peternakan dan lain-lain,” ujar Walikota Deri Asta memuji.

Wujud tindak lanjut apresiasi, Wali Kota Deri memberikan arahan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar meningkatkan sinergi dan dukungan kepada karang taruna. *(Beni)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *