Uncategorized

Bupati Solok Hadiri Penyampaian Kinerja 3 Tahun Wali Nagari Sumani

53
×

Bupati Solok Hadiri Penyampaian Kinerja 3 Tahun Wali Nagari Sumani

Sebarkan artikel ini

Sumani, Tikalak.com – Wali nagari Sumani, Masri Bakar menyampaikan laporan kinerjanya setelah genap menjabat 3 tahun sebagai walinagari Sumani, Kamis (16/02/2023) di Aula Kantor Wali Nagari Sumani Kec. X Koto Singkarak.

Tampak Bupati Solok H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar menghadiri penyampaian laporan kinerja 3 tahun Wali Nagari Sumani, Kamis (16/02/2023) di Aula Kantor Wali Nagari Sumani.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Plt. Asisten II, Deni Prihatni, ST,MT, Kepala OPD, Camat X Koto Singkarak, Chrismon Darma, Ketua TP PKK Kecamatan X Koto Singkarak Ny. Nur Azizah Chrismon, Forkopimcam, Walinagari Sumani, Masri Bakar, Ketua TP PKK Sumani, Ny. Irmawani Masri dan para tamu Undangan Lainnya.

Adapun penyampaian Kinerja 3 Tahun yang yang disampailan oleh Walinagari Sumani tersebut yaitu bahwa selama 3 tahun menjabat ini, kami telah lakukan berbagai kegiatan seperti pembangunan bidang fisik di Nagari Sumani ini diantaranya : pembangunan jalan Usaha Tani Simpang AA kemudian beberapa paket pembangunan irigasi di nagari Sumani ini yang telah dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu.

Selanjutnya untuk Bidang Pemberdayaan juga telah mengembangkan BUMNag serta beberapa organisasi kemasyarakatan lainnya baik berupa sarana maupun prasarana dalam rangka peningkatan aktifitas sekaligus pengembangannya.

Disamping itu Masri Bakar juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati karena telah banyak memberi bantuan pembangunan untuk nagari kami ini.

Selanjutnya Masri Bakar juga berharap kepada Bapak Bupati untuk dapat memberikan arahan agar nagari Sumani ini bisa maju kedepannya.

Sementara itu Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini 3 tahun pemerintahan walinagari sumani, untuk itu saya hadir disini ingin melihat langsung bagaimana Nagari Sumani ini. Saya terlambat datang hari ini dikarenakan pada hari ini juga ada acara bersama BKKBN RI Perwakilan Sumatera Barat terkait Kabupaten Solok mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten terbaik dalam menekan angka stunting, nomor 1 di Sumatera Barat dan nomor 5 Kabupaten terbaik se-Indonesia.

Selanjutnya disampaikan Bupati bahwa dalam hal penurunan angka Stunting yang sebelumnya ada pada angka 40% telah terjadi angka penurunan sebanyak 15% sehingga saat ini berada pada angka 24%. Kabupaten Solok juga sebelumnya dalam hal standar pelayanan publik berada di Zona Merah dengan nilai 29% sekarang telah meningkat menjadi 88.73% dan telah berubah menjadi Zona Hijau pada Penilaian Ombudsman RI.

Sebelumnya kita juga telah dinobatkan menjadi Kabupaten ter-kolaboratif oleh Bank Indonesia dalam hal peningkatan kualitas UMKM di Kabupaten Solok, serta masih banyak lagi penghargaan-penghargaan yang kita dapatkan di Kabupaten Solok. Saya rela meninggalkan acara yang berskala nasional di Arosuka karena saya merasa kegiatan bertemu dengan masyarakat ini sangat penting guna mendengarkan dan menampung aspirasi dari masyarakat itu sendiri

Alhamdulillah secara mayoritas perkembangan pembangunan di Nagari Sumani ini sudah berjalan dengan baik, dan tentunya pembangunan ini diharapkan merata di Kabupaten Solok. Sebagai Bupati saya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Solok ini terutama di nagari sumani ini dan saya akan jamin selama saya masih menjabat pembangunan di Kabupaten Solok ini diupayakan akan merata di seluruh Kabupaten Solok karena saya memiliki prinsip “Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat”, setiap sen duit rakyat akan kami berikan kepada masyarakat untuk pembangunan di kabupaten solok ini

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi dialog bersama masyarakat dan menampung Aspirasi masyarakat Nagari Sumani menyangkut :
– Pompa air guna irigasi pertanian di Nagari Sumani
– Gedung Rawat Inap dan Pustu di Kecamatan X Koto Singakarak
– Kelompok Tani Bunga Setangkai : asuransi pertanian dan mesin bajak
– kelompok Tani Bungo Tanjung : mesin pencacah rumput
– SDN 06 Sumani : rehab atap gedung sekolah dan chromebook
– SDN 13 Sumani : chromebook dan lanjutan pembangunan pondasi
– SDN 31 Sumani : pagar sekolah
– SDN 23 Sumani : 2 gedung kelas baru
– kepala TK nagari : keramik lantai serta mobiler
– pembangunan balai balai KAN Nagari Sumani
– Kelompok Tani Tabek Jaya : mesin bajak
– Kelompok Tani Guci Saiyo : mesin bajak
– SMPN 3 X Koto Singkarak : lanjutan pembangunan pagar sekolah
– Bundo Kanduang Nagari Sumani : peningkatan SDM
– Kelompok Tani Jorong Ranah : irigasi banda
– SDN 22 Sumani : chromebook
– Kelompok Tani Aliran Imang : mesin bajak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *