Pasaman

Arif Serahkan Jabatan Kepada Rico, “Camat Rao Orang Pilihan”

107
×

Arif Serahkan Jabatan Kepada Rico, “Camat Rao Orang Pilihan”

Sebarkan artikel ini

Pasaman, Kecamatan Rao merupakan miniaturnya Pasaman, dengan segala kompleksitas dinamika masyarakatnya. Dan Rao adalah kampungnya Bupati dan mantan Bupati Pasaman. Itulah sebabnya di kecamatan Rao ditempatkan orang pilihan, camat yang dinilai cakap dan mampu serta punya kelebihan.”

Hal itu dikatakan Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutan serah terima Camat Rao, dari Arief Afandi S.STP kepada Rico Juliandra S.STP, di halaman kantor Camat Rao, Rabu (10/1/2024).

“Sudah dua orang Bupati Pasaman dari Kecamatan Rao, yakni Bapak Yusuf Lubis dan Sabar AS,” ujar bupati.

Kepada camat Rao, bupati minta segera lakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stake holder yang ada di kecamatan serta melakukan pembinaan ke nagari-nagari di kecamatannya.

“Rao punya banyak potensi sumber daya alam, didukung SDM yang bagus. Karenanya, bagi seorang camat Rao jangan kaku dengan tugasnya sebagai administrator, tapi juga harus menjalin komunikasi dengan masyarakat,” pesan bupati.

Dijelaskan, media komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai pendekatan, baik kegamaan, kemasyarakatan, juga melalui aktifitas lain, seperti kegiatan olahraga.

“Bisa melalui shalat berjamaah di masjid, komunikasi lepas di warung kopi, menghadiri pesta kenduri atau kematian, serta pada ivent-iven olah raga di kampung-kampung dan nagari,” terang bupati.

Ikut ditekankan, tentang pola pembangunan yang sudah berubah di era sekarang,

“Partisipasi masyarakat sebuah keniscayaan dalam pembangunan. Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, pembangunan tidak akan berjalan secara optimal,” kata bupati.

Kembali diingatkan bupati tentang fungsi-fungsi pelayanan yang harus diberikan maksimal oleh segenap aparatur.

“Kecamatan dan nagari adalah garda terdepan pelayanaan pemerintah kepada masyarakat. Berikan pelayanan yang maksimal tanpa membeda-bedakan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan pelantikan dan sertijab Ketua TP PKK Kecamatan Rao, dari Nyonya Arif Afandi kepada Nyonya Putri Rico Julyandra.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Deni Sabar AS dalam pidatonya menyampaikan agar ketua PKK Kecamatanikut aktif dalam mendukung kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan di wilayah tugas suaminya.

“Banyak hal yang dapat dilakukan Ketua PKK kecamatan, seperti penanganan stunting, keluarga berencana, atau usaha peningkatan ekonomi rumah tangga dan lain sebagainya,” ujar Ny. Deni Sabar.

Sertijab Camat Rao dihadiri kepala OPD Pemkab Pasaman, Forkopimca Rao, Kepala KUA, Puskesmas, Korwil Pendidikan dan Wali nagari serta tokoh masyarakat se-kecamatan Rao.-(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *