Uncategorized

Anggota DPRD Agam Yopi Eka Anroni Raih Gelar Doktor Bidang Ekonomi

35
×

Anggota DPRD Agam Yopi Eka Anroni Raih Gelar Doktor Bidang Ekonomi

Sebarkan artikel ini

Meski memiliki kesibukan yang luar biasa sebagai anggota DPRD Kabupaten Agam, namun hal tersebut tidak membuat Yopi Eka Anroni, SE, ME menghentikan langkahnya untuk bisa menempuh pendidikan lebih tinggi, khususnya Program Doktor (S3).

Di tengah padatnya kegiatan sebagai anggota dewan, pria yang kini duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten Agam periode 2019-2024 pada Komisi II ini berhasil menyelesaikan sekolah tertinggi akademik tersebut.

Yopi dinyatakan lulus dalam ujian terbuka Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dengan nilai 82,21 atau “Sangat Memuaskan”. Dan Merupakan Doktor yang ke-68 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand.

Dalam sidang ujian, Ia diuji oleh penguji Prof. Dr. Werry Darta Taifur, Endrizal Ridwan, Dr Febriandi Prima Putra, Dr. Neng Kamarni, Dr. Yulia Anas. Sebagai penguji eksternal Bupati Agam Dr Andri Warman. Sementara itu, promotor oleh Prof. Dr. Elfindri, Dr. Edi Ariyanto, Dr. Dodi Devianto.

Di hadapan para penguji, Dr. Yopi sebagai promovendus memaparkan disertasi berjudul “Peran Kelembagaan Adat Dalam Pengelolaan Badan Usahan Milik Nagari (BUMNag) Berbasis Modal Sosial di Kabupaten Agam”.

Jalannya Sidang Terbuka juga dihadiri
Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan, S.Pd, MM dan Bupati Agam Dr Andri Warman sebagai penguji eksternal, Sekretaris DPRD Villa Erdi, M.Si, Senin (26/6) di Ruang Sidang Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Unand, Padang.

“Alhamdulillah suatu kebanggaan bagi saya selama 6 tahun bisa menyelesaikan sekolah doktor ini. Ini juga impian dari almarhumah mama saya pada 2016 agar anaknya bisa menyandang gelar doktor,” ujar Dr Yopi dengan nada sendu.

Ia berharap apa yang sudah diraihnya tersebut bisa menjadi motivasi.
“Mudah-mudahan apa yang sudah saya capai ini bisa menjadi motivasi secara pribadi untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya tersebut untuk dirinya sendiri dan masyarakat luas. Kemudian hasil risetnya bisa bermanfaat untuk meningkatkan peran BUMNag dalam meningkatkan PAD Nagari.

Dia mengakui, butuh perjuangan yang luar biasa dalam menyelesaikan Program Doktor tersebut. Di tengah kesibukannya sebagai wakil rakyat, Ia harus pintar membagi waktu antara pekerjaan dengan menyelesaikan studi.

Hal tersebut, jelasnya, tidak lepas dari dukungan Bupati Agam, pimpinan DPRD beserta anggota DPRD yang telah memberikan motivasi agar program doktor cepat diselesaikan dan bisa meraih nilai yang baik.

“Terkhususnya ini tidak lepas dari dukungan Papa tersayang, istri tercinta dan anak kami Arkana Yusuf Anroni, keluarga dan sahabat saya sehingga setiap rintangan dan masalah yang saya hadapi merekalah penyemangat hidup saya,” pintanya.

Penguji, Prof. Dr. Werry Darta Taifur mengharapkan agar Dr Yopi bisa lebih mengembangkan diri sehingga apa yang dikaji atau diteliti bisa menjadi representasi atau pedoman orang banyak dalam mengembangkan BUMNag yang ada di setiap nagari/desa.

“Tentu ini menjadi tantangan dan tanggungjawab besar bagi Bapak, agar bisa menjaga moral dan nama baik almamater dengan harapan agar Bapak bisa menjadi leader di tengah masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr Novi Irwan, S.Pd, MM atas nama pribadi dan lembaga DPRD mengucapkan selamat dan suksesnya atas capaian gelar Doktor dari Yopi Eka Anroni dengan hasil yang Sangat memuaskan.

“Tampak sekali, Saudara Yopi sangat menguasai materi disertasi mengenai BUMNag. Ia begitu lugas dan cerdas dalam menjawab berbagai pertanyaan dari tim penguji dan promotor,” imbuhnya.

Ia berharap agar disertasinya segera diterbitkan. Sebab, banyak hal yang nantinya akan dapat bermanfaat bagi pemerintah nagari dan pemerintah daerah terhadap isi dari disertasi Dr Yopi.

Hal senada juga diharapkan Bupati Agam Dr Andri Warman. “Atas nama pemerintah daerah dan pribadi kami ucapkan selamat dan apresiasi kepada saudara Yopi karena bisa menyelesaikan sekolah Doktornya dengan baik. Artinya, sudah empat orang dilingkungan Pemda yang bergelar doktor, yaitu Dr Novi Irwan, S.Pd, MM (Ketua DPRD Agam), Kepala DPMPTSP-Naker Dr M. Lutfi, Dr Yopi Eka Anroni dan Bupati Agam.

“Saya berharap disertasi yang dibuat Dr Yopi bisa membantu dan menambah pengetahuan pemerintah daerah dalam menyelesaikan dan mengembangkan BUMNag yang ada di Kabupaten Agam,” pintanya.

(Humas DPRD Agam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *