Uncategorized

160 Personil Polisi Disiagakan Guna Pengamanan Tour De Bintan 2022

44
×

160 Personil Polisi Disiagakan Guna Pengamanan Tour De Bintan 2022

Sebarkan artikel ini

Bintan, Tikalak.com – Sebanyak 160 personil polisi dari Polres Bintan dan Polda Kepulauan Riau (Kepri) disiagakan guna untuk pengamanan kegiatan balap sepeda internasional terbesar di Asia “Tour De Bintan” pada 14-16 Oktober 2022.

Menurut Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono di Bintan, menyebutkan kegiatan berskala besar yang dipusatkan di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan itu akan diikuti peserta dari dalam dan luar negeri, sehingga pengamanan yang dilakukan harus maksimal agar acaranya berlangsung aman dan lancar, ujarnya, Sabtu (17/09/2022)

Selanjutnya dikatakan Tidar, “Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta Tour De Bintan,” katanya.

Dia pun menyatakan Polres Bintan bersama instansi terkait juga terus berkoordinasi mematangkan berbagai persiapan sekaligus menyamakan persepsi terkait pengamanan jelang agenda tahunan Tour De Bintan.

Disamping itu Kapolres berharap kepada seluruh personel pengamanan di lapangan agar dapat memahami tugas masing-masing dalam pengamanan acara tersebut, sehingga rangkaian kegiatannya berjalan sukses.

Disebutnya lagi, “Kami sangat mendukung acara ini untuk meningkatkan kunjungan wisman,” sebutnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Arief Sumarsono mengatakan sampai saat ini sudah ada 946 peserta dari sejumlah negara telah mendaftar untuk kejuaraan balap sepeda Internasional Tour De Bintan 2022.

Arif mengatakan bahwa para peserta “Terdiri atas 800 peserta pria dan 146 peserta wanita,” kata Arief.

Berdasarkan dari jumlah peserta tersebut, peserta terbanyak berasal dari negara Singapura dengan persentase sekitar 40 persen disusul Inggris sekitar 13 persen, Australia 7 persen Indonesia 5 persen, Malaysia 4 persen, Amerika, Jepang, Jerman, Perancis sekitar 3 persen, Filipina, Hongkong sekitar 2 persen dan negara lainnya sekitar 16 persen.

Selanjutnya dia berharap melalui perhelatan Tour De Bintan, sektor pariwisata Bintan bisa bangkit kembali, karena pariwisata merupakan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Bintan.

Sedangkan menurutnya, “Untuk persiapan pelaksanaan acaranya sudah hampir 90 persen. Mudah-mudahan berjalan lancar setelah dua tahun vakum akibat pandemi,” ujarnya. Lanjutnya menyampaikan pembalap sepeda dalam Tour De Bintan akan melintasi sejumlah kawasan pariwisata di daerah itu, dimulai dari kawasan Simpang Lagoi.

Dia berharap agar, “Peserta dapat menikmati udara segar, pantai yang indah sambil berolah raga sepeda,” sebutnya.

Adapun panitia telah menetapkan kategori dalam Tour de Bintan yakni Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, dan Grand Fondo Discovery 55 kilometer.

Dengan adanya Tour de Bintan akan menambah jumlah wisman yang berkunjung ke Bintan secara signifikan karena setiap peserta biasanya tidak datang sendirian, melainkan membawa anggota keluarganya.

Dikatakannya juga, “Tour De Bintan sebagai petanda sektor pariwisata di Bintan kembali jaya setelah kasus aktif COVID-19 landai,” ujar Arief. (HA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *