Uncategorized

Kubu Gadang Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik 2023

42
×

Kubu Gadang Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik 2023

Sebarkan artikel ini

Padang Panjang, Tikalak.com – Ajang penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) meloloskan Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) sebagai 75 besar desa wisata terbaik 2023.

Hasil penilaian ini diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melalui akun instagram Kemenparekraf.

Desa Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) lolos sebagai 75 besar desa wisata terbaik 2023.

Dalam unggahan instagramnya Sandiaga menyampaikan, hasil ini telah melalui kurasi bertahap di mana dari 7.275 desa, sebanyak 4.573 desa mendaftar pada ADWI 2023.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar), Drs. Maiharman sangat bersyukur Kubu Gadang bisa masuk 75 besar dari ribuan desa wisata yang ikut penilaian.

Selanjutnya disebutkan Maiharman, “Kita bersyukur sekali Kubu Gadang bisa terpilih. Ini sebuah capaian yang sangat luar biasa bisa lolos menjadi 75 besar terbaik,” katanya.

Kemudian disampaikan Maiharman, selain Kubu Gadang, Padang Panjang juga mendaftarkan delapan desa wisata lainnya. Namun cuma lima desa wisata yang terverifikasi. Dua desa wisata berhasil masuk nominasi dari 500 besar dan 300 besar, yaitu desa Kubu Gadang serta desa wisata Kampung Religi dan Budaya Sigando. Hingga akhirnya Kubu Gadang berhasil lolos 75 besar.

Disebutnya lagi, “Dengan masuk 75 besar, dalam waktu dekat akan dikunjungi Menparekraf,” ujarnya.

Sementara itu Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zein merasa terharu bisa lolos 75 besar dalam ADWI.

Yuliza mengatakan, “Ini sungguh capaian yang di luar dugaan. Dari ribuan desa yang ikut, kita bisa masuk 75 besar. Ini sudah masuk tahun ke-9 Kubu Gadang jadi desa wisata,” ucapnya.

Kemudian dikatakan Yuliza, ini adalah perjuangan kali ketiga Kubu Gadang untuk mengikuti ADWI dan baru kali ini lolos.

Menurutnya, ini sebuah pemantapan data yang sangat penting dalam sebuah desa wisata.

Yuliza juga berharap, “Semoga ini menjadi jalan untuk Kubu Gadang untuk lebih maju lagi ke depannya. Semoga kita bisa memberikan yang terbaik lagi,” tuturnya.(R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *