Uncategorized

Dolomite Untuk Pertanian

46
×

Dolomite Untuk Pertanian

Sebarkan artikel ini

Oleh Mairizal

Sahabat Tani…
Dolomit adalah produk non Kimia ..dikembangkan untuk sebagai produk penyubur tanah.sebahagian besar petani di indonesia telah mempergunakan produk dolomit ini.diantaranya petani sawit dan sebagainya.

Dolomit adalah suatu mineral karbonat anhidrat yang terbentuk dari kalsium magnesium karbonat, idealnya adalah CaMg(CO₃)₂. Istilah ini juga digunakan untuk suatu sedimen batuan karbonat yang sebagian besar terbentuk dari mineral dolomit.

dolomit merupakan kapur tunggal berkadar magnesium tinggi dan baik digunakan untuk tanah perkebunan serta untuk perikanan atau tambak. Dolomit dibuat dari batuan dolomit yang dikumpulkan dari proses penambangan. Kandungan yang sangat dibutuhkan dari kapur ini adalah kalsium (ca) dan magnesium (mg)

Penggunaan dolomit itu untuk kesuburan tanah, di saat tanah sudah tak subur lagi karena penggunaan kimia. “Kapur dolomit dapat menyuburkan tanah karena mengandung magnesium sebagai unsur hara. Magnesium ini untuk menetralisir kandungan tanah.

Dolomit bisa ditaburkan dengan dosis secukupnya ke dalam lubang tanam. Setelah itu, tutupi lapisan kapur tersebut menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan lubang tanam dalam waktu 2-3 pekan sebelum boleh digunakan. Berikutnya petani bisa menanamkan bibit ke dalam lubang tersebut.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *