DAERAH

BumNag Bungo Setangkai Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi

161
×

BumNag Bungo Setangkai Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini
Bumnag
Jefri Direktur BUMNag Bungo Setangkai Nagari Sungai Tarab bersama pengurus usai menerima hadiah sebagai juara 2 BumNag berprestasi Se Sumbar.

TANAH DATAR, TIKALAK.COM- Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Bungo Setangkai Sungai Tarab berhasil memperoleh juara II dalam perlombaan BUMNag/Des tingkat Provinsi Sumatra Barat 2023.

Sekretaris DPMD Sumbar Amriman menyerahkan hadiah sebesar Rp10 juta kepada Direktur BUMNag Jefri beserta jajaran.

Jefri mengaku sangat bangga dan mengucapkan terima kasih, karena telah memberikan kepercayaan pada BUMNag yang dipimpinnya tampil sebagai juara.

“Ini suatu kebanggaan atau kehormatan bagi kami, BUMNag Bunga Setangkai ini bisa tampil sebagai juara 2 pada ajang lomba BUMNag Se Sumbar ini, ” katanya. Rabu (23/8).

Jefri mengajak masyarakat Sungai Tarab untuk terus memberikan dukungan terhadap kemajuan BUMNag ini kedepannya, sehingga kehadiran BUMNag ini bisa mendorong perekonomian masyarakat menjadi lebih baik kedepannya.

“Kita berharap kehadiran BUMNag ini bisa memberikan dukungan ekonomi untuk masyarakat Nagari Sungai Tarab khususnya, hal itu bisa kita wujudkan, tentu dengan dukungan semua pihak terutama masyarakat Sungai Tarab, ” jelasnya.

Jefri, mengatakan keberlangsungan usaha, BUMNag sungai Tarab mendapatkan penyertaan modal dari Nagari Sungai Tarab sendiri dan dana hibah dari Kementerian Desa dengan total lebih dari Rp800 juta.

“Hingga saat ini BUMNag Bungo Satangkai telah menjalankan beberapa unit usaha dan telah mampu memberikan bagi Pendapat Asli Nagari,” kata Jefri

Jefri melanjutkan, adapun jenis usaha yang telah dikerjakan diantaranya pengelolaan pasar, pelayanan online, jasa fotocopy dan ATK, unit penyewaan, dan jasa penggemukan sapi, serta memiliki mitra kerja dengan Bank bank BNI dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumatera Barat Amriman, mengatakan Lomba BUMNag berprestasi bermaksud untuk mewujudkan nagari yang kuat dan tangguh serta mandiri dalam ekonomi, politik, sosial, dan budaya melalui penguatan BUMNag.

“Tujuannya adalah dalam memberikan pembinaan, motivasi, dan reward bagi pengurus pengelola BUMNag di Sumatera Barat,” katanya.

Adapun indikator penilaian lomba BUMNag berprestasi adalah dokumen BUMNag itu sendiri, kelembagaan, struktur organisasi, unit usaha, administrasi pelaporan dan pertanggungjawaban, pernyataan modal dan aset, dampak terhadap masyarakat, mitra serta video singkat

“Kedepannya diharapkan BUMNag dapat menjadi motor penggerak bagi perekonomian masyarakat pedesaan menuju masyarakat yang sejahtera,  serta BUMNag terbaik nantinya bisa menjadi contoh bagi BUMNag lainnya se Sumatera Barat,” kata dia.

BUMNag Bungo Satangkai Nagari Sungai Tarab, merupakan salah satu BUMNag yang cukup eksis di Kabupaten Tanah Datar dengan beberapa unit usaha yang mampu perekonomian nagari dan masyarakat. (vand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *