Uncategorized

Yas Edizarwin, S.H Hadiri Apel Kasat Kamling Yang Digelar Polres Padang Panjang

33
×

Yas Edizarwin, S.H Hadiri Apel Kasat Kamling Yang Digelar Polres Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Padang Panjang, Tikalak.com – Jajaran Polres Kota Padang Panjang menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling), di halaman Mako Polres, Rabu (21/6). Apel tersebut turut dihadiri oleh
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Setdako, Yas Edizarwin, S.H bersama Forkopimda.

Dalam kesempatan itu Kapolres, AKBP Donny Bramanto, SIK menyampaikan amanat dari Kapolri terkait Apel Kasat Kamling yang juga dilakukan serentak seluruh Indonesia di tempat masing-masing. Apel yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling.

Kemudian lanjut Donny, “Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling,” ujarnya.

Sementara Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Donny juga menyebutkan, “Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal,” tuturnya lagi.

Selanjutnya pada pelaksanaan apel tersebut juga dilakukan pemberian hadiah kepada pemenang Lomba Kasat Kamling se-wilayah kerja Polres. Diantaranya Juara I Satkamling Sago Residence RT 14 Kelurahan Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT). Juara II Satkamling Barin RT 21 Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan PPT. Juara III Satkamling Mato Aie, Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Kapolres Donny juga mengukuhkan Polisi RW. (R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *