Uncategorized

UAS Tampil Sebagai Penceramah Pengajian di RSUD Dengan Tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”

26
×

UAS Tampil Sebagai Penceramah Pengajian di RSUD Dengan Tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”

Sebarkan artikel ini
Padang Panjang, Tikalak.com — Prof. H. Ustaz Abdul Somad, Lc, D.E.S.A, PH.D atau yang populer disebut UAS, tampil sebagai penceramah pada pengajian yang digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang, Ahad (28/5) di Aula Poli RSUD. Pengajian ini mengangkat tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”.

Pengajian ini selain diikuti seluruh karyawan RSUD, juga hadir Walikota, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano, Direktur RSUD, dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA, unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemko.

Sementara itu UAS dalam penggalan tausyiahnya menyampaikan, “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek” bermakna mempererat hubungan dengan Allah serta sesama. Bisa diraih dengan menjernihkan hati yang dekat kepada Allah SWT.

Kemudian UAS menukilkan Hadist Rasulullah SAW yang bersabda, “Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya aka rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu” (HR Bukhari dan Muslim).

Selanjutnya dikatakan UAS, seseorang jangan memiliki rasa tidak senang bila melihat kelebihan orang lain. “Balikkan semua kepada Allah. Tidak ada kemampuan kecuali dari Allah,” katanya.

Disamping itu UAS juga memberikan nasehat agar tenaga kesehatan di RSUD hendaknya bisa membawa kenyamanan, kebahagiaan dan ketenangan kepada orang lain. Namun demikian, ketenangan yang diberikan dimulai dari diri sendiri.

Disebutkan UAS, “Orang yang tidak tenang jiwanya mustahil menenangkan diri orang lain. Dimulai dari diri sendiri. Ketenangan dari Allah diturunkan ke dalam hati orang beriman. Di Islam dengan banyak berzikir,” ujarnya seraya mengajak jemaah bisa mengamalkan salawat.

Kemudian disamping itu, katanya, karyawan di rumah sakit harusnya makin dekat dengan Allah. Lantaran di sana bisa mengambil berbagai hikmah tentang kesehatan maupun kematian.

Sementara itu, Wako Fadly menyambut baik pengajian ini. Ia berharap ukhuwah makin terjalin dengan baik di RSUD, pelayanan kepada masyarakat terus maksimal.

Fadly juga menyampaikan, “Terima kasih atas dedikasi tenaga kesehatan dan seluruh karyawan RSUD selama ini,” tuturnya.

Bahkan sebelumnya, UAS bersama Wako Fadly menyempatkan diri membezuk salah seorang pasien atas nama Irfan, berumur 6 tahun. Pasien mengalami penyakit tipes dan infeksi saluran pencernaan. UAS bersama Wako Fadly memberikan support agar bisa kembali sehat seperti sedia kala.(R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *