Padang

RSUP Dr M Djamil Tingkatkan Digitalisasi Layanan Kesehatan

74
×

RSUP Dr M Djamil Tingkatkan Digitalisasi Layanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Djamil
Dirut RSUP Dr M Djamil Padang Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K) MARS dan Dirut RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Eniarti, MS.c, Sp.Kj, MMR penandatangan kerjasama penerapan aplikasi Simetris, Senin (21/8).

PADANG, TIKALAK.COM – RSUP Dr M Djamil terus mengembangkan program digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, salah satunya dengan menekan Joint Development dan pemanfaatan aplikasi Sistem Manajemen Teknologi Informasi Rumah Sakit (Simetris) dengan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Senin (21/8).

Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr M Djamil Padang Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K) MARS mengatakan, penerapan aplikasi Simetris saat ini menjadi hal yang penting dalam mendukung transformasi layanan kesehatan.

Menurutnya, keadaan penggunaan teknologi dalam layanan rumah sakit saat ini menjadi sebuah keharusan. Sebab, peningkatan digitalisasi layanan kesehatan menjadi hal penting dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

”Jadi program Simetris sudah menjadi kebutuhan untuk pengelolaan-pengelolaan layanan kesehatan agar lebih mudah dan dan cepat dalam pengurusan layanan kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

Dovy Djanas mengatakan, dengan penerapan aplikasi Simetris ini RSUP Dr M Djamil bisa memberikan pelayanan optimal, prima, dan maksimal. Kemudian diharapkan pengelolaan dan tata kelola manajemen RSUP Dr M Djamil Padang bisa dibangun dengan baik melalui digitalisasi.

Ia menambahkan, penerapan aplikasi Simetris ini telah mulai digagas sejak tiga bulan terakhir. Mulai dari tatap asesmen tim Informasi dan Teknologi  RSUP Dr M Djamil Padang , serta rekomendasi dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengembangan bersama dengan RSUP Dr. Sardjito.

”Kita tahu RSUP Dr. Sardjito terkenal dengan IT-nya yang bagus. Untuk itu dengan joint development ini penerapan Simetris ini bisa diaplikasikan dengan cepat dan memberikan manfaat bagi kami dan pasien,” ujarnya.

 

Sementara itu, Dirut RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dr. Eniarti, MS.c, Sp.Kj, MMR mengatakan, RSUP Dr. Sardjito dan RSUP Dr. M Djamil Padang merupakan rumah sakit vertikal di bawah Kemenkes RI. Tentunya dalam transformasi kesehatan, terutama pilar keenam transformasi teknologi kesehatan, maka harus dilakukan perubahan di bidang digitalisasi.

Ia menjelaskan, tujuan dari joint development aplikasi Simetris ini adalah untuk memudahkan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya.

”Misalnya dalam hal antrian berobat. Dalam aplikasi Simetris ini jadwal dokter sudah ditentukan sehingga pasien tidak perlu was-was lagi untuk lama menunggu antrian,” katanya.

Eniarti menambahkan, RSUP Dr. M Djamil Padang sendiri sudah sangat siap untuk menerapkan aplikasi Simetris tersebut. Namun memang dalam pengembangannya perlu kerja bersama agar pelayanan terbaik bisa diberikan kepada pasien. (vand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *