Uncategorized

Pemko Harapkan Selama Ramadhan dan Jelang Idul Fitri Harga Komoditas Strategis Terkendali

41
×

Pemko Harapkan Selama Ramadhan dan Jelang Idul Fitri Harga Komoditas Strategis Terkendali

Sebarkan artikel ini
Ramadhan
Padang Panjang, Tikalak.com — Berbagai langkah strategis guna mengendalikan harga pangan selama Ramadhan dan memasuki Idul Fitri 1444 Hijriyah akan dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.  

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph.D menyebutkan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam dua minggu ini. Seperti operasi pasar murah, pemberian bantuan sosial bagi yang tidak mampu, mengecek kecukupan suplai pangan daerah masing-masing, dan melakukan intervensi jika terjadi kenaikan komiditi tertentu.

Adapun hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Mingguan yang turut diikuti secara daring oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, asisten, Forkopimda, kepala BPS dan OPD, di Ruang VIP Balai Kota, Senin (10/4).

Tito juga mengatakan, “Selain melakukan langkah-langkah tersebut, juga dorong realisasi potensi zakat dan pendistribusiannya. Karena potensinya sangat besar, dan jika dikelola dengan baik akan dapat membantu warga tidak mampu dan akan sangat membantu dalam penanganan inflasi,” ujarnya.

Mendagri pimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Mingguan yang turut diikuti secara daring oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, asisten, Forkopimda, kepala BPS dan OPD, di Ruang VIP Balai Kota, Senin (10/4)

Selanjutnya usai mengikuti rakor tersebut, Sekdako Sonny melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penanganan inflasi bersama kepala OPD terkait.

Sonny menyebutkan, sejak awal Maret di Kota Padang Panjang sudah beredar beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dari Bulog, kategori medium dan premium. Termasuk minyak goreng dan gula Bulog yang dipasarkan Warung Sembako Murah. Warung ini adalah bentuk lain dari Toko Pengendali Inflasi, yang merupakan kerjasama antara Koperasi Serambi Mekkah dengan Bulog Cabang Bukittinggi. Keberadaan warung ini berlokasi di halaman Kantor UPTD Meteorologi Legal Kota Padang Panjang.

Kemudian di samping itu penyaluran beras SPHP juga dilakukan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) Ramadhan setiap Kamis selama Ramadhan Ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pangan dan Pertanian dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat (Toko Tani Indonesia Center/TTIC).

Adapun kegiatan itu guna melayani penyediaan pangan murah (beras, daging beku, minyak goreng, gula pasir, telur ayam ras, cabai merah, bawang merah, bawang putih, sarden dan lain-lain) untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sonny menambahkan, “Beberapa waktu ke depan ada beberapa langkah lagi yang akan kita lakukan. Di antaranya pasar murah oleh Disperdakop UKM, bantuan paket sembako bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia oleh DSPPKBPPPA dan bantuan Beras Cadangan oleh Dispangtan. Semoga ini bisa membantu masyarakat kita dalam menghadapi Ramadhan dan menyambut Idul Fitri,” tutur Sonny.(R.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *