Uncategorized

Jalin Silaturahmi, Suku Rang Caniago Nagari Lubuk Basung Gelar Halal Bihalal

40
×

Jalin Silaturahmi, Suku Rang Caniago Nagari Lubuk Basung Gelar Halal Bihalal

Sebarkan artikel ini

Agam – Salah satu tradisi yang ada di Kabupaten Agam usai Idul Fitri, banyak suku di setiap kenagarian memanfaatkannya dengan melakukan Halal bi Halal, tidak terkecuali Suku Rang Caniago Nagari Lubuk Basung.

Tradisi ini dilaksanakan untuk merajut silaturahmi, saling kenal mengenal satu dengan yang lain, antara Datuak, mamak dan cucu kemenakan.

Kegiatan yang dipusatkan di GOR Rang Agam Lubuk Basung, Minggu (14/5) itu, dihadiri 35 Datuak Pasukuan Caniago se Kenagarian Lubuk Basung.

Turut dihadiri juga Penasehat Panitia Noveri Edios yang juga anggota DPRD Agam, Ketua KAN Lubuk Basung, Novi Hendri, Dt. Simarajo beserta ribuan anak kemenakan Suku Caniago.

Halal bi halal kaum suku Caniago Kanagarian Lubuk Basung selain semarak dengan prosesi pawai jamba ribuan warga, juga semarak dengan tausyiah yang disampaikan Tuanku Bagindo Sati dan seni hiburan KIM menyediakan ratusan hadiah menarik.

Ketua Kaum Suku Caniago Nagari Lubuk Basung, Helmon, Dt. Hitam mengatakan, ajang halal bi halal ini memiliki makna sangat penting, karena menjadi sarana saling kenal mengenal keluarga di dalam kaum suku Caniago.

“Ajang ini kita bisa saling kenal mana 35 datuak Ninik mamak di Nagari Lubuk Basung. Jangan sampai ada Mamak kita dipanggil Bapak, begitu sebaliknya. Kenapa ini terjadi, karena kurang silahturahmi,” jelasnya.

Ditambahkannya, momen halal bi halal Kaum Suku Caniago Nagari Lubuk Basung menjadi wujud nurani dalam memperkokoh kebersamaan dan mendorong saling peduli terhadap seluruh dunsanak kaum suku Caniago.

“Kami ingin menjadi agenda rutin keluarga besar kaum Caniago di Lubuk Basung,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Helmon, Dt. Hitam juga mengucapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada Ninik Mamak dan panitia pelaksana yang sudah menyukseskan acara ini dengan menjunjung tinggi rasa kekeluargaan.

“Sadanciang bak basi, saciok bak ayam, ka bukik samo mandaki ka lurah samo manurun,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Bob Nuzuar, mengatakan gagasan ini muncul karena atas keinginan untuk kembali merajut silaturahmi keluarga besar Suku Caniago se-Kenagarian Lubuk Basung.

“Semoga ke depannya kita lebih kuat lagi menjunjung tinggi rasa persatuan dan kekeluargaan suku Caniago,kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja dari mulai awal disusun kepanitian sampai acara pada hari ini ,dan juga kepada semua dunsanak yang telah berpartisipasi untuk menyumbangkan beberapa hadiah untuk acara Kim dan juga terima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan acara halal bihalal ini ” harapnya.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *