Uncategorized

Dalam Rangka Memperingati HPS Pemko Sawahlunto Serahkan Belasan Bantuan APBD Provinsi Sumbar dan APBD Kota Sawahlunto

41
×

Dalam Rangka Memperingati HPS Pemko Sawahlunto Serahkan Belasan Bantuan APBD Provinsi Sumbar dan APBD Kota Sawahlunto

Sebarkan artikel ini

Sawahlunto, Tikalak.com – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) Belasan bantuan pertanian, peternakan dan perikanan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kota Sawahlunto diserahkan kepada kelompok tani dan masyarakat Sawahlunto.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto Henni Purwaningsih, untuk bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumbar yaitu sebanyak sembilan buah bantuan. Jum’at (04/11/2022)

Selanjutnya Henni merinci, “Dari Dinas Pangan Sumbar itu memberikan sertifikat mutu prima tiga untuk buah Manggis kepada Desa Kubang Tangah, setelah itu bantuan bibit buah alpukat dan manggis untuk Desa Mandiri Pangan (Desa Kolok Nan Tuo, Desa Kubang Tangah dan Desa Muaro Kalaban). Kemudian Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar itu memberikan bantuan bibit ikan garing, nilam dan baung untuk Pokmawas Bersama Desa Talawi Hilie dan Pokmawas Sibaku Desa Rantih, masing-masing sebanyak 41 ribu bibit ikan,” ujarnya.

Dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia Pemko Sawahlunto serahkan belasan bantuan dari APBD Prov. Sumbar dan APBD kota Sawahlunto.

Kemudian dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, memberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan dendeng asap senilai Rp.74 juta kepada KWT Saiyo Sajalan Desa Silungkang Duo.

Henni juga mengatakan, “Setelah itu bantuan bibit ayam untuk enam kelompok tani dengan rincian setiap kelompok itu menerima seribu ekor ayam, 1.324 Kg pakan ditambah vitamin dan obat-obatan,” ujarnya.

Setelah itu dari Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar memberikan bantuan benih padi inbrida seluas 315 Ha kepada Kelompok Hamparan Saiyo Desa Kolok Mudiak, kemudian bantuan benih jagung hibrida seluas 140 Ha kepada Kelompok Jaya Desa Santur.

“Kemudian dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, memberikan bantuan stup lebah madu galo-galo (kelulut) senilai Rp.20 juta kepada masyarakat penyandang disabilitas di Sawahlunto,” kata Henni.

Sedangkan dari APBD Kota Sawahlunto bantuan yang diserahkan yakni bibit tanaman dan sayuran untuk rumah tangga rentan pangan untuk Desa Lumindai, kemudian bantuan bibit itik kepada sepuluh KK dengan rincian masing-masing menerima seratus ekor itik dan seratus kilogram pakan.

“Setelah itu bantuan bibit ayam kepada sembilan KK dengan rincian masing-masing menerima seratus ekor ayam dan seratus kilogram pakan,” ujar Henni merinci.

Selanjutnya bantuan benih ikan sebanyak 87 ribu ekor untuk kolam masyarakat.

“Kemudian bantuan bibit calon pohon induk durian sebanyak delapan puluh batang yang diberikan kepada Desa Pasar Kubang,” kata Henni.

Setelah itu ada bantuan pembangunan embung Garingging Desa Kolok Nan Tuo.

Sementara Henni mengatakan, “Dari PT. Bukit Asam melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (PTJSL) turut memberikan bantuan yakni senilai Rp145 juta untuk ternak kambing, bahan kandang dan bak penampung. Bantuan itu diserahkan kepada mitra binaan PTBA di Sawahlunto yaitu Kelompok Mutiara Desa Santur,” ujarnya.

Adapun Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan bantuan-bantuan itu menjadi bukti keberpihakan dan dukungan Pemko Sawahlunto pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Deri bersyukur, “Alhamdulillah, dengan sinergi bersama Pemprov Sumbar dan PTBA, bantuan yang kita berikan kepada petani dapat bertambah. Tentu harapan kita ini membuat pertanian di Sawahlunto dapat lebih baik dan lebih produktif,” katanya.

Sedangkan untuk memastikan bantuan itu benar-benar dapat bermanfaat bagi penerima, Walikota Deri mengarahkan OPD terkait untuk mendampingi dan melakukan monitoring evaluasi (monev) terhadap pada penerima bantuan itu. (BM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *