INTERNASIONAL

3 Orang di Arkansas, 1 Tewas di Illinois Akibat Hantaman Badai Tornado

67
×

3 Orang di Arkansas, 1 Tewas di Illinois Akibat Hantaman Badai Tornado

Sebarkan artikel ini
tewas

Jakarta, Dutametro.com – Badai dahsyat Tornado yang mengguncang negara bagian Arkansas di Amerika Serikat bagian selatan, Jumat (31/3) telah menimbulkan korban jiwa, setidaknya 3 orang tewas akibat badai tornado tersebut.

Sementara itu di Illinois pada hari yang sama pada Jumat (31/3) waktu setempat, juga dilanda badai hebat dan menyebabkan atap sebuah teater ambruk. Akibatnya satu orang tewas dan 28 orang lainnya luka-luka.

Kemudian dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/4/2023), tornado Arkansas melanda seluruh negara bagian pada sore hari waktu setempat, menyebabkan apa yang disebut Gubernur Sarah Huckabee Sanders sebagai “kerusakan yang meluas”.

Selanjutnya Sanders mengatakan dua orang tewas di kota Wynne di bagian timur Arkansas, sementara seorang pejabat di Pulaski County, yang mengelilingi ibu kota Little Rock, mengonfirmasi satu korban jiwa di sana.

“Kerusakan signifikan telah terjadi di Central Arkansas,” tulis Sanders di Twitter.

Disebutkan Walikota Little Rock Frank Scott Jr. “hampir 30 orang telah diangkut ke rumah sakit lokal kami.” Ujarnya.

Sementara Dinas Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan tornado untuk sebagian negara bagian terdekat di Tennessee, Illinois, dan Iowa.

Adapun badai Tornado Arkansas melanda pada Jumat sore hari waktu setempat, menggulung sebagian Little Rock.

Menurut Lara Farrar seorang saksi, mengatakan “Ini sebenarnya adalah tornado yang sangat dahsyat,” ujarnya, kepada AFP.

Pada Jumat malam waktu setempat, badai melanda Belvidere, Illinois dan menyebabkan atap dan bagian fasad Teater Apollo runtuh saat band heavy metal bermain di atas panggung di dalam gedung.

“Lebih dari 20 ambulans dilaporkan dipanggil ke tempat kejadian,” Fox 32, afiliasi TV Chicago, melaporkan di situsnya.

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran Belvidere Shawn Schadle melaporkan satu orang tewas dan 28 luka-luka dalam peristiwa tersebut, dengan lima dirawat di rumah sakit karena luka parah.

Sementara itu tayangan TV menunjukkan personel darurat membawa para penonton konser yang terluka dengan tandu.

Terlihat dalam video yang diposting di media sosial menunjukkan puing-puing, beberapa hampir setinggi pinggang, di lantai tempat konser, dan lubang menganga di atap.

“Pemerintahan saya memantau dengan cermat keruntuhan atap di Teater Apollo di Belvidere malam ini,” tweet Gubernur Illinois, JB Pritzker di malam hari.

Peristiwa badai Tornado biasa terjadi di Amerika Serikat, terutama di bagian tengah dan selatan negara itu. Seminggu yang lalu, tornado menyapu negara bagian selatan Mississippi, menewaskan 25 orang dan menyebabkan kerusakan properti yang parah.

Seperti pada Desember 2021, sekitar 80 orang tewas akibat tornado di Kentucky.(H.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *